Kuku Anda, Detektor Kesehatan Anda

Fit & Charming / 5 September 2010

Kalangan Sendiri

Kuku Anda, Detektor Kesehatan Anda

Puji Astuti Official Writer
6166

Tahukah Anda bahwa kuku dapat menjadi petunjuk penting bagi kesehatan Anda? Jika ada sedikit warna putih, kerutan atau gelombang, hal tersebut bisa menjadi petunjuk ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda. Masalah itu bisa berada di hati, paru-paru, dan jantung. Berikut beberapa rahasia untuk mengenali kondisi tubuh Anda dari melihat kuku Anda.

Kuku berwarna pucat

Kuku yang berwarna terlalu pucat atau putih kadang berhubungan dengan penuaan. Tetapi hal tersebut juga bisa berhubungan dengan tanda-tanda penyakit serius seperti, anemia, penyumbatan pada jantung, masalah pada hati dan kekurangan gizi.

Kuku berwarna putih

Jika kuku hampir keseluruhan berwarna putih dengan sedikit garis hitam, hal tersebut menunjukkan ada masalah serius pada hati seperti hepatitis.

Kuku berwarna kuning

Jika kuku Anda berwarna kuning, hal ini berhubungan dengan infeksi jamur. Jika infeksi semakin memburuk maka kuku kemungkinan akan copot. Selain itu, kuku berwarna kuning bisa juga berhubungan dengan penyakit thyroid, penyakit paru-paru, atau diabetes.

Kuku berwarna kebiruan

Hal ini disebabkan tubuh kekurangan oksigen. Selain itu bisa saja disebabkan infeksi pada paru-paru, seperti pneumonia.

Kuku bergelombang

Jika permukaan kuku bergelombang, ini mungkin tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis.  Perubahan ini biasanya diikuti oleh kondisi bawah kuku yang tampak merah kecoklatan.

Kuku mudah retak atau patah

Kering, kuku rapuh dan sering retak atau patah hal ini sering dikaitkan dengan penyakit tiroid. Tapi bila hal tersebut diikuti oleh warna kekuningan maka disebabkan oleh infeksi jamur.

Kulit sekitar kuku bengkak

Jika kulit sekitar kuku memerah dan bengkak, hal ini disebut sebagai peradangan lipatan kuku. Ini mungkin karena penyakit lupus atau yang berhubungan dengan jaringan ikat.

Garis kehitaman dibawah kuku

Jika hal ini terjadi, pastikan segera melakukan pemeriksaan. Hal ini kadang disebabkan oleh melanoma, jenis paling berbahaya dari kanker kulit.

Menggigit kuku

Hal tersebut mungkin Anda anggap sebagai sebuah kebiasaan biasa, namun dalam beberapa kasus hal ini tanda adanya kegelisahan yang dalam dan terus menerus. Hal tersebut harus segera di obati, jika tidak dapat mengganggu kesehatan mental Anda.

Meskipun perubahan pada kuku merupakan rangkaian dari tanda-tanda atas apa yang terjadi dengan tubuh Anda, namun hal tersebut bukanlah tanda awal. Selain itu, ada banyak kelainan pada kuku bukanlah sesuatu yang berbahaya. Jadi, jangan terlalu kuatir. Namun ada baiknya, jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan kuku Anda, temuilah dokter kulit.

Sumber : Web MD
Halaman :
1

Ikuti Kami